Pakai System CAT, Bawaslu Irit Biaya Rekrutmen sampai 30 Persen

Pakai System CAT, Bawaslu Irit Biaya Rekrutmen sampai 30 Persen

Tubuh Pengawas Pemilu RI (Bawaslu) untuk kali awal mengadakan tes catat dengan alat bantu computer atau computer assisted test (CAT) dalam rekrutmen anggota Bawaslu propinsi.

System CAT ini dipercaya buat sistem seleksi bebas dari korupsi, kolusi, serta nepotisme. Diluar itu, system CAT dapat juga menghimpit potensi kebocoran masalah.

Menurut Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro, pemakaian system CAT ini buat biaya yang di keluarkan Bawaslu untuk sistem rekrutmennya jadi lebih irit.

” Mungkin saja ada 30 % efisiensinya. Bila nominalnya aku tidak hafal namun yang tentu lebih efektif, ” kata Gunawan di Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Menurut Gunawan, system CAT bisa buat biaya yang di keluarkan lebih efektif karena tidak memerlukan biaya distribusi yang banyak.

Terlebih dulu, Bawaslu mesti merogoh kocek untuk mendistribusikan kertas-kertas masalah untuk tes tertulis. Terlebih dengan jumlah peserta yang naik 3x lipat sekarang ini, system CAT begitu menolong efisiensi.

” Ini kan pesertanya banyak, itu kan perlu biaya. Dengan system ini Bawaslu cuma bawa server saja ke propinsi semasing yang telah terenkripsi, segera dicolokin, siap jalan, ” kata dia.

Ketua Bawaslu Abhan menyebutkan, sesudah lolos seleksi administrasi, sekarang ini ada 1. 609 pendaftar Bawaslu Propinsi di 25 propinsi yang juga akan ikuti tes tertulis.

Jumlah peserta lolos seleksi administrasi terbagi dalam 1. 349 orang lelaki serta 260 orang wanita.

” Serta besok tanggal 9 Agustus 2017, serentak di 25 propinsi juga akan dikerjakan tes tertulis lewat CAT, ” kata Abhan.

Mengenai tempat tes tertulis dengan CAT juga akan di gelar di bebrapa instansi di 25 propinsi yang mensupport sarana CAT. Abhan menjelaskan, beberapa besar salah satunya adalah instansi perguruan tinggi.

” Kerja sama juga dengan instansi yang miliki sarana CAT. Umpamanya Jawa Timur dengan Unair, Sumatera Selatan dengan Fakultas Kedokteran Unsri, Jawa Tengah dengan UNS, ” ucap Abhan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *